Furoshiki, Seni Membungkus Barang ala Jepang


Furoshiki adalah sebuah kain yang dapat dilipat untuk membungkus berbagai barang. Dalam anime, mungkin kamu sering melihat karakternya yang membawa semacam bekal atau barang yang berbentuk persegi yang terbungkus dengan kain. Nah, seni membungkus barang itulah yang disebut dengan furoshiki. Sejak jaman Edo (sekitar tahun 1600-an) furoshiki sudah sangat populer di Jepang.
Furoshiki dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membungkus hadiah, bekal, atau barang-barang lainnya. Kain yang digunakan sebagai pembungkus pun berasal dari beragam jenis, bahan, motif, corak, warna, dan ukuran. Dan yang paling penting, kain yang akan digunakan sebagai pembungkus harus berbentuk persegi. Bagi orang Jepang, ketika mereka hendak memberikan sesuatu itu tidak hanya dibungkus menggunakan plastik atau dibiarkan begitu saja, tetapi mereka berusaha agar barang yang akan diberikan tersebut terlihat cantik. Ada teknik yang digunakan dalam membungkus furoshiki, yang paling dasar dan umum digunakan adalah otsukai tsutsumi yang diterapkan pada benda berbentuk persegi.

Otsukai Tsutsumi



Selain teknik otsukai tsutsumi, ada juga teknik membungkus benda agar bisa dijinjing tanpa harus khawatir benda tersebut jatuh. Teknik-teknik tersebut antara lain suika tsutsumi, yotsu musubi, katakake fukuro, shizuku fukuro, banana tsutsumi, hikkake tsutsumi, tesage bukuro, entou tsutsumi, hira tsutsumi, kousa tsutsumi, hon tsutsumi, futatsu tsutsumi, kakushiki tsutsumi, bin tsutsumi, bin tsutsumi 1, bin tsutsumi 2, dan yang terakhir sao tsutsumi.

Suika Tsutsumi

Teknik membungkus barang berbentuk bulat/bola. Contohnya semangka.

Tesage Bukuro



Teknik membungkus yang nyaman dibawa di tangan.

Shizuku Fukuro


Katakake Fukuro



Katakake fukuro adalah teknik membungkus furoshiki yang bisa dibawa di bahu/pundak.

Banana Tsutsumi


Banana artinya pisang, teknik furoshiki ini digunakan untuk membungkus buah pisang.

Hikkake Tsutsumi



Membungkus benda yang memiliki bentuk persegi panjang.

Bin Tsutsumi 1



Untuk membungkus benda-benda seperti botol, cara ini untuk membungkus 1 botol.

Bin Tsutsumi 2


Membungkus 2 botol

Cara Lengkap Melipat Kain Pembungkus Furoshiki

Demikianlah penjelasan tentang furoshiki, membungkus barang menggunakan kain tentunya ramah lingkungan kan sobat Japandaisuki.com, daripada menggunakan kantong plastik yang membuat pencemaran lingkungan, lebih baik sekarang kita beralih menggunakan yang lebih ramah lingkungan.

Sumber gambar: www.umaifactory.com

0 Response to "Furoshiki, Seni Membungkus Barang ala Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel